Pembinaan Tertib Berlalu Lintas dan Kamtibmas Bagi Sekaa Truna Se-Desa Mekar Bhuwana

  • 19 November 2018
  • Dibaca: 322 Pengunjung
Pembinaan Tertib Berlalu Lintas dan Kamtibmas  Bagi Sekaa Truna Se-Desa Mekar Bhuwana

        Dalam hal berlalu lintas banyak yang harus diperhatikan namun, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Oleh karena itu, berbagai macam masalah terjadi di jalanan akibat dari kelalaian pengguna kendaraan bermotor maupun pejalan kaki. Sekaa truna truni se-Desa Mekar Bhuwana berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan tertib berlalu lintas dan kamtibmas yang diselenggarakan di Kantor Desa Mekar Bhuwana. Pembinaan dilaksanakan pada hari Minggu (18/11/2018) bermaksud agar masyarakat lebih paham etika dalam berlalu lintas. Kegiatan ini di isi oleh Polres Badung dengan narasumber I Ketut Gunaweda dan I Gusti Ngurah Wiratma.

            Mengingat Indonesia menempati posisi ke-5 terbesar yang mencatat korban tewas terbanyak akibat kecelakaan, I Ketut Gunaweda menekankan bahwa pelanggaran adalah awal dari kecelakaan. Maka dari itu pemakaian helm, pengecekan kondisi kendaraan bermotor sebelum digunakan sangat perlu diperhatikan. I Ketut Gunaweda juga memberikan pesan moral kepada para peserta “Apapun yang kalian lakukan atau yang kalian inginkan, harus diraih dengan kedisiplinan.” Besar harapan I Ketut Gunaweda dengan adanya pembinaan ini agar bisa diterapkan dari diri sendiri terlebih dahulu, untuk membantu mewujudkan keadaan lalu lintas semakin tertib dan aman.

            Pemaparan materi kedua dari I Gusti Ngurah Wiratma mengenai kamtibmas memberikan pokok inti terjadinya kerukunan dalam sebuah masyarakat berasal dari sinergitas. Dimana sinergitas adalah kerjasama unsur atau fungsi atau instansi yang menghasilkan suatu tujuan lebih baik dan lebih besar daripada dikerjakan sendiri. Sebagai ujung tombak terdepan pelaksana tugas sinergitas menjaga kerukunan di daerah (tingkat desa/kelurahan) adalah Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pecalang Desa Pakraman dan Linmas dari Desa/Kelurahan.

            Perbekel Desa Mekar Bhuwana I Gusti Made Sudiana, SE. dalam sambutan yang disampaikan, mengungkapkan harapannya “Semoga dengan adanya pembinaan ini kita bisa menerapkan segala ilmu yang kita dapat, agar dalam berkehidupan dapat berjalan sesuai dengan harapan orangtua, sesuai dengan harapan pemerintah. Bisa mendisiplinkan diri sendiri baik itu dalam berlalu lintas ataupun dalam berkegiatan lainnya. Kami dari pemerintah desa akan terus berusaha meningkatkan dan selalu mengadakan pembinaan untuk masyarakat kami, agar bisa saling mengisi satu sama lain menuju ke arah positif.”
 

013/Widi/KIM-MB/2018

  • 19 November 2018
  • Dibaca: 322 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita