Yoga Tertawa Pilihan Alternatif Lansia Tingas Untuk Sehat

  • 23 Mei 2018
  • Dibaca: 467 Pengunjung
Yoga Tertawa Pilihan Alternatif Lansia Tingas Untuk Sehat

Kostim baju serta celana berwarna putih kompak meramaikan Balai Banjar Tingas. Iya, begitulah antusias para Lansia Tingas untuk  mengikuti Yoga Tertawa setiap hari Senin dan Jumat dari Pukul 19.00-21.00 WITA. Tidak sedikit orang yang meluangkan waktu meskipun kegiatan ini berlangsung di malam hari. Terlihat pada hari Senin kemarin (21/05/2018) tidak hanya para lansia, beberapa Ibu PKK juga turut serta untuk mengikuti Yoga Tertawa.

Yoga Tertawa termasuk ke dalam bagian dari Yoga Jagadhita terdiri dari 5 jenis tertawa, masing-masing mempunyai manfaat penyembuhan. Penyakit yang dapat disembuhkan mulai dari atas kepala hingga ujung kaki seperti kanker rahim, penyakit lambung, penyakit jantung, gondok, tekanan darah tinggi, kanker otak  dan sebagainya. Sejak tanggal 24 April 2017 perkumpulan yoga di Desa Adat Tingas tergabung dalam Bali Happy Movement. Sampai sekarang ini, kegiatan yoga masih tetap rutin dilaksanakan.

“Yoga terbagi menjadi 4 tahapan mulai dari Meditasi, Happy, Yoga Tertawa dan  gerakan fisik yoga. Yoga Jagadhita  dapat memberikan kegembiraan, membahagiakan hati, meditasi dengan tujuan melatih kesabaran, melatih emosi agar bisa hidup bahagia. Secara garis besar Yoga Tertawa ini bisa menyembuhkan penyakit fisik maupun penyakit pikiran” ungkap Anak Agung Made Sutarti, S.Pd. selaku instruktur yoga. I Wayan Mardika salah satu anggota mengatakan, manfaat dari Yoga Tertawa telah terbukti. Keluhan punggungnya sering terasa sakit, kini hal tersebut sudah tidak lagi dirasakan. Mendapatkan tidur berkualitas menjadi hal utama setelah rutin mengikuti kegiatan yoga.

 Dukungan dari Perbekel Desa Mekar Bhuwana sangat terasa, mengingat di tahun 2018 pembiayaan kegiatan yoga sudah ditanggung langsung dari Kantor Desa Mekar Bhuwana. Perbekel Desa Mekar Bhuwana, I Gusti Made Sudiana, SE. berpesan agar program ini bisa menjadi wadah untuk membentuk masyarakat sehat di kedepan hari, besar harapan agar partisipasi anggota semakit meningkat dari hari ke hari.

002/Widi Paramita/KIM-MB/2018

  • 23 Mei 2018
  • Dibaca: 467 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita